Emond Monte

Rika Agustin (Emond Monte)

Senin, 18 April 2011

Makam Keramat Cinunuk

Islam (dianggap juga salah seorang Wali) di daerah Garut. Makamnya terletak di Cinunuk Wanaraja.Makam tersebut terletak di sebelah barat Desa Cinunuk dalam sebuah bangunan (gedung) makam di atas sebidang tanah seluas 221 m2. Bangunan makam itu terdiri dari bangunan pokok, yang dijadikan tempat pekuburan Pangeran Papak luasnya 96Terletak di Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja. Makam yang keramat yaitu Makam Pangeran Papak, dia salah seorang penyebar Agama Islam terdapat beberapa peninggalan benda pusaka masa lalu seperti pedang, keris, goong, sadel kuda yangSebelum masuk ke makam, mandi sumur tujuh cinunuk dulu… mata air yang sangat segar ini dipercaya memiliki khasiat2 tertentu… biasanya para peziarah sebelum masuk ke makam Pangeran Papak mandi dulu disini… atau mungkin sekedar wudlu…Makam tersebut terletak di sebelah barat Desa Cinunuk dalam sebuah bangunan (gedung) makam di atas sebidang tanah seluas 221 m2. Bangunan makam itu terdiri dari bangunan pokok, yang dijadikan tempat pekuburan Pangeran Papak luasnya 96Pengaruh dari ajaran-ajaran Islam terhadap penduduk Garut bekembang dengan mendalam, sebagai peninggalan sejarah penyebaran agama Islam antara lain adanya makam Godog yang dikatakan sebagai makam keramat; yaitu makam Prabu Kiansantang penganut Nama Limbangan saat ini masih ada dan Senjata Pusaka pun masih ada pada keturunan Raden Wangsa Muhammad alias Pangeran Papak di Cinunuk Kabupaten Garut. Dalam sejarah Kabupaten Limbangan disebutkan bahwa Bupati Limbangan yang

sekali waktu saya pernah ke makam raden papak dan menginap di desa cinunuk terasa ajaran beliau masih ada dengan tidak ada perbedaan di antara sesama warga,suasana agamis begitu terasa sungguh ini menjadi suri teladan dan contoh yangPengaruh dari ajaran-ajaran Islam terhadap penduduk Garut bekembang dengan mendalam, sebagai peninggalan sejarah penyebaran agama Islam antara lain adanya makam Godog yang dikatakan sebagai makam keramat; yaitu makam Prabu Kiansantang penganut Nama Limbangan saat ini masih ada dan Senjata Pusaka pun masih ada pada keturunan Raden Wangsa Muhammad alias Pangeran Papak di Cinunuk Kabupaten Garut. Dalam sejarah Kabupaten Limbangan disebutkan bahwa Bupati Limbangan yang

3 komentar:

  1. rencana gua mau mampir ke makam eyang pangeran Papak..tapi waktu itu nga sempet,, lain kali gua mampir untuk berdoa..
    ini makam leluhur nya orang garut lho..
    ya kan..salam dan doanya smoga alm mendapat naungann-Nya. amin

    BalasHapus
  2. dupina abi oge sasih januari 2013 bade kagarut deui bade nglalalna napak tilas ka makam2 para leluhur sunda ,bade ngariringan hayu urang sareng we sakanteunan silaturahmi .

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum..
    Kami dari Komunitas Blogger Garut ( BlogGar ),mengucapkan salam silaturahminya dan juga mengundang anda untuk bergabung bersama,dalam membangun Garut dengan karya tulis dan ide hebat dari para blogger garut semua.
    Anda bisa langsung ke Grup komunitas BlogGar disini : https://www.facebook.com/groups/167745250059957/
    Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.
    Salam BlogGar :)
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus