Emond Monte

Rika Agustin (Emond Monte)

Jumat, 15 April 2011

Cangkuang Tample

Lokasi wana wisata Cangkuang berada di desa Cidahu Kabupaten Sukabumi, kurang lebih 12 Km dari pinggir jalan Raya Sukabumi. Dilengkapi beberapa penginapan dua lantai berjajar ke atas dengan fasilitas lengkap. Dari teras penginapan dapat dilihat pesona Gunung Salak diantara hamparan sawah-sawah bertingkat.

Jalan setapak 4 km dari Penginapan, membawa Anda ke salah satu obyek wisata yang menakjubkan, yaitu Kawah Ratu seluas 30 hektar. Di dalamnya mengalir air panas dan dingin. Terdapat letupan sumber air panas, menyembur seperti air mendidih. Begitu juga asap tebal putih keluar dari sela batu-batu kawah berwarna hitam.

Selain itu terdapat pula Curug Dua Unak, obyek wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi selain Kawah Ratu. Lokasinya berjarak 2 km dari penginapan. Selain itu, Anda dapat juga menikmati jernihnya air Curug Sawer, Curug Aul, Curug Supit yang masing-masing berjarak 1 km dari penginapan dengan jalan setapak yang menurun. (PV)


selain itu di cangkuang ada sebuah desa yg bernama kampung pilo .
Kampung Pulo ngarupakeun ngaran hiji kampung adat leutik di wewengkon Désa Cangkuang, Kacamatan Lélés, Garut.
Kampung Pulo, numutkeun kapercayaan masarakatna, dimimitian ku hiji tokoh nu disebut Arif Muhammad (kuburanana aya gigireun Candi Cangkuang), nu nyebarkeun agama Islam di wewengkon éta. Arif Muhammad, minantu Sultan Sumenep, Madura, téh tadina anggota perjurit Mataram jaman Sultan Agung nu milu ngarurug Batavia abad ka-17. Alatan seranganana gagal, perjurit Mataram téh kalabur ka mana baé, Nya kitu ogé Arif Muhammad, nu lajeng bubuara sarta ngajarkeun Islam di wewengkon Cangkuang.

1 komentar:

  1. Subhanallah,,ini yang gua suka alam masih natural, adat budaya warga kampung pulo juga bersahaja,, .sy sempet juga berdoa.. di situs itu..
    tapi ada sedikit saran kalo bisa tuh yang sengaja berbuat kurang baik,, banyak dipake "..."

    BalasHapus